Friday, 13 September 2019

Cara Bawang Merah Berkembang Biak atau Reproduksi

Cara bawang merah berkembang biak - Bawang merah merupakan tanaman umbi yang sangat dibutuhkan oleh manusia dalam kehidupan sehari hari. Beragam fungsi dan kegunaannya bagi manusia adalah salah satunya untuk bumbu dapur. Setiap manusia butuh makan, makanan tersebut awalnya dimasak dengan berbagai bumbu sehingga masakan bisa gurih sesuai dengan selera yang masak. Dari sekian bumbu penyedap makanan tersebut adalah bawang merah. Maka, tak mengherankan jika tanaman umbi bawang merah banyak yang membudidayakan tanaman tersebut.

Cara Bawang Merah Berkembang Biak
Bawang merah
Bawang merah dibudidayakan bukan hanya untuk sekedar kebutuhan pribadi sampai pada kegiatan yang bersifat bisnis. Oleh sebab itu, kesuksesan kegiatan budidaya tanaman bawang merah berkaitan dengan pengetahuan tentang pertumbuhan bawang merah yang dalam hal ini adalah proses berkembang biak (Reproduksi). Bawang merah dalam proses reproduksi ada dua cara, yaitu: dengan cara generatif (perkawinan) dan vegetatif (non kawin)

Bawang merah berkembang biak atau reproduksi dengan cara Generatif (perkawinan)

Proses perkembangan biakan tanaman bawang merah melalui perkawinan yaitu dengan cara penyerbukan yang dibantu oleh lebah serta serangga sebelum menjadi biji atau benih yang akan tumbuh menjadi umbi-umbi bawang merah baru. Akan tetapi, kelemahan proses perkembang biakan dengan cara generatif ini membutuhkan waktu yang cenderung lama. Oleh sebab itu, cara perkembang biakan ini jarang yang digunakan karena memang tidak efektif untuk diaplikasin oleh pembudidaya bawang merah. Biasanya pembudi daya bawang merah menggunakan cara yang kedua untuk melakukan proses perkembang biakan yaitu dengan cara vegetatif (non perkawinan).

Bawang merah berkembang biak dengan cara Vegetatif (non perkawinan)


Bawang merah bereproduksi melalui vegetatif atau non perkawinan yaitu proses perkembangbiakan bawang merah melalui umbi lapis. Umbi lapis tumbuh tunas baru di setiap sela-sela lapisan umbinya. Proses perkembang biakan ini terjadi pada umbi lapisan yang tengah. Dengan menanam umbi bawang merah, maka akan menghasilkan umbi-umbi bawang merah yang baru. Proses perkembang biakan ini merupakan cara yang cukup cepat karena sifatnya mudah serta sederhana untuk dilakukan.

Kenyataannya hampir semua petani bawang merah membudidayakan bawang merah menggunakan cara vegetatif atau lewat umbi yang kemudian dinamakan bibit bawang merah. bibit ini biasanya dipilih dan dibiarkan kurang lebih 2 sampai 3 bulan, sehingga bibit bawang merah biasanya kering, atau dikeringkan terlebih dahulu sebelum di gunakan untuk tanam.

cara reproduksi bawang merah
reproduksi bawang merah
cara bawang merah berkembang biang tidak kawin ini termasuk jenis tanaman yang berkembang biak dengan umbi, seperti bawang putih, porang, jahe merah dan lain sebagainya, dari bibit umbi tersebut kemudian muncul tunas, setelah tunas tumbuh dan membesar, bibit umbi bawang merah tersebut kemudian beranak atau tumbuh gerombolan umbi, jadi satu bibit umbi bawang merah akan menghasilkan beberapa umbi bawang merah.

demikian informasi tentang bagaimana cara bawang merah berkembang biak atau cara reproduksi bawang merah, anda juga bisa membaca pengalaman mantan anak kos yang berjualan bawang merah.  Jika anda menginginkan bibit bawang merah kualitas unggul maka anda bisa menghubungi kontak WA 0896-7390-0908 anda bisa konsultasi atau tanya tanya mengenai bibit bawang merah. semoga informas ini bermanfaat.