Sabtu, 03 Desember 2016

Membasmi hama ulat bawang dengan perangkap ngengat

Membasmi hama ulat bawang dengan perangkap ngengat
Pembudidaya bawangmerah sudah mulai menunjukkan geliat kerja kerasnya. Bawang merah merupakan sayuran rempah yang banyak di konsumsi masyarakat Indonesia. Sebagai bumbu pelezat yang menjadi cita rasa khas kekayaan kuliner yang sungguh lekat di lidah Indonesia. Bawang merah pun sudah banyak di budidayakan oleh petani di daerah-daerah tertentu. Akan tetapi bercocok tanam bawang merah sering kali menemui kendala, diantaranya kendala hama penyerang tanaman, salah satu nya karena serangan hama ulat bawang.
Hama ulat bawang spodoptera exigua hama ini menyerang dengan cara meletakkan telur pada pangkal dan ujung daun bawang merah secara berkelompok. Serangannya ditandai dengan bercak putih transparan pada daun. Banyak nya telur yang diletakkan berkisaran 80 butir dalam satu kelompok. Telur dilapisi benang-benang putih seperti kapas. Sebaiknya apabila menemui kelompok telur ulat bawang ini segera untuk dibasmi, agar tidak sampai menetas menjadi ulat yang akan menimbulkan serangan hama yang lebih parah lagi.
Pengendalian hama ulat bawang dibutuhkan agar hasil panen yang diharapkan tidak mengecewakan. Butuh perawatan seimbang , membasmi ulat beserta seluruh telur-telur yang telah dibawa merupakan cara bijak mengendalikan hama ini. Lalu bagaimana kah caranya? Kini telah banyak dikembangkan teknologi-teknologi pembasmi ulat bawang ini. Salah satu nya dengan perangkap ngengat. Perangkap ini dapat berupa lampu light trap (lampu perangkap) lampu ini di desain sederhana dengan alat yang mudah ditemukan yaitu dengan lampu dan baskom. Sumber energy dari lampu ini bisa di dapat dari baterai, listrik maupun memanfaatkan energy surya.
Pengendalian ulat bawang juga dapat dilakukan dengan pemberian feromon exi , feromon ini bertujuan untuk memanipulasi feromon seks pada ngengat yang akan mengacaukan komunikasi ngengat. Feromon ini mampu membunuh 400-700 ngengat jantan/malam/perangkap, cukup efektif bukan? Cara penggunaan feromon ini bisa dengan diisi air sabun agar ngengat yang jatuh tidak dapat terbang kembali. Dalam 1 ha lahan bibitbawang merah dibutuhkan sekitar 12-24 perangkap , feromon exi merupakan antraktan khusus untuk mengendalikan ulat bawang.

Demikian lah yang dapat kami sampaikan, semoga menginspirasi pembaca dalam mempelajari tata carabudidaya bawang merah . bagi pembaca yang ingin mendapatkan bibit bawang merah, dapat segera menghubungi kami di nomer customer service : 087838393451
Membasmi hama ulat bawang dengan perangkap ngengat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar