Jumat, 02 Desember 2016

Melindungi budidaya bawang merah dari serangan hama dengan musuh alami

Melindungi budidaya bawang merah dari serangan hama dengan musuh alami
            Budidayabawang merah merupakan langkah tepat yang di ambil oleh para petani. Dengan membudidayakan bawang merah petani ikut memenuhi kebutuhan pasar akan ketersediaan salah satu komoditas penting ini. Bawang merah termasuk dalam kategori bumbu dapur yang banyak di butuhkan masyarakat, masakan akan menjadi hambar tanpa kehadiran si merah ini.
            Akhir-akhir ini ketersedian bawang merah di pasaran mengalami penurunan, hal ini juga yang menjadi salah satu faktor naiknya harga bawang di banyak tempat. Setelah di perhatikan dengan telita penurunan produksi panen bawang merah disebabkan oleh berkembangnya hama penyerang tanaman bawang merah. Petani sudah melakukan banyak cara untuk memberantas hama penyakit ini, namun upaya yang dilakukan para petani ini selalu berakhir dengan kekecewaan.
            Pemberian pestisida pencegah maupun pembasmi hama pada bibit bawang merah sudah sering dilakukan, mulai dari pemberian pestisida dosis kecil, menengah hingga tinggi. Akan tetapi progres yang di dapat petani pun sama saja, tanaman mereka tetap di serang hama. Sehingga mereka mulai berpikir untuk mencari strategi baru yang ramah lingkungan juga dapat membantu mengatrol hasil panen mereka.
            Pengendalian hama budidaya bawang merah dilakukan dengan menambah populasi musuh alami, disamping menghemat biaya, diharapkan musuh alami juga dapat memberantas hama menjadi mangsa tanpa banyak menyita waktu petani. Musuh alami merupakan suatu pengendaliaan hama utama hama yang bekerja secara tergantung kepadatan populasi, sehingga tidak dilepaskan dari kehidupan dan perkembangan hama.
            Musuh alami bertujuan mengendalikan hama secara alami bahkan tanpa bahan kimia, keberadaannya harus dilestarikan karena dapat membantu petani dalam pemberantasan hama tanaman budidaya bawang merah. Melihat pentingnya musuh alami, maka penggunaan insektisida yang mempunyai spektrum luas, dalam artian dapat juga membunuh musuh alami harus segera dihentikan.
            Adapun yang termasuk musuh alami pelindung bibit bawang merah dari serangan hama adalah :
1.      Kumbang koksi musuh alami dari thrips dan kutu daun
2.      Kumbang paedarus musuh alami dari thrips dan kutu daun
3.      Laba-laba musuh alami dari grayak, kutu daun, ulat bawang dan kutu daun.

Demikian sedikit informasi yang dapat kami bagikan semoga dapat bermanfaat bagi pembaca yang ingin mengetahui cara budidaya bawang merah. Dengan terus belajar dan mencari informasi menjadikan langkah terang kehidupan menjadi lebih baik. Apabila pembaca semua mencari bibit bawang merah dengan kualitas terbaik, silahkan dapat langsung menghubungi kami segera. di nomer : 087838393451
Melindungi budidaya bawang merah dari serangan hama dengan musuh alami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar