Kamis, 17 November 2016

Teknik pengairan dalam budidaya bawang merah

Teknik pengairan dalam budidaya bawang merah
Salah satu cara pemeliharaan dalam budidaya bawang merah adalah pengairan lahan maupun tanaman. Bawang merah merupakan tipikal tanaman yang tidak begitu menyukai pemberian air terlalu banyak, jadi harus diperhatikan dengan seksama saat melakukan penyiraman. Lahan saat dilakukan pengairan  tidak boleh terlalu kering dan juga tidak boleh terlalu banyak air.
Pengairan untuk bibitbawang merah sebaiknya dilakukan dengan cara menyiram menggunakan emrat, sprayer, atau sprinkle. Bisa juga menggunakan cara leb, lalu genangan air dalam parit – parit disiramkan ke atas bedengan. Setelah proses penyiraman segera mungkin parit dikeringkan kembali, agar tidak terlalu menggenang pada permukaan lahan tanam bawang merah.
Penyiraman yang pertama dilakukan beretepatan dengan saat penanaman. Penyiraman dapat diulang tiap hari sampai daun pertama dari bibit bawang merah mulai tumbuh atau kira-kira pada umur 1-2 minggu. Apabila cuaca kering penyiraman dapat dilakukan 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Setelah umur 14-50 hari , penyiraman cukup dilakukan sehari sekali saja pada sore hari. Kemudian saat tanaman berumur 2 bulan, penyiraman dapat dilakukan selama 2 kali sehari, karena pada umur ini tanaman bawang merah membutuhkan banyak air untuk pembentukan dan pertumbuhan umbi.
Pada prinsipnya penyiraman dilakukan untuk menjaga agar tanah bedengan tetap lembab sampai kira-kira tanaman berumur 50-60 hari. Perlu diingat pengairan hanya cukup dilakuakan untuk menjaga kelembaban, tidak sampai menggenangi bedengan karena akan menyebabkan pembusukan umbi.
Tanaman bawang merah tidak menghendaki banyak hujan, karena umbi bawang merah mudah busuk jika terkena banyak air. Akan tetapi tetap butuh air yang cukup , oleh karena itu  lahan tanaman bawang merah tetap membutuhkan penyiraman intensif . apalagi jika budidaya bawang merah dilakukan pada lahan bekas sawah.
Demikian sedikit uraian dari kami tentang teknik pengairan dalam budidaya bawang merah. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua, bagi anda yang ingin mencoba budidaya bawang merah kami menyediakan bibit bawang merah berkualitas dengan harga terjangkau. Silahkan menghubungi kami di : 087838393451


Teknik pengairan dalam budidaya bawang merah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar