Selasa, 01 November 2016

Budidaya bawang merah organik

Budidaya bawang merah organik
Dewasa ini masyarakat telah sadar akan pentingnya menjaga kesehatan, salah satu nya dengan mengkonsumsi makanan sehat yang berasal dari bahan-bahan yang sehat juga tentunya. Kesadaran akan pentingnya kesehatan mendorong orang memiliki pola hidup back to nature tidak hanya menghindari segala sesuatu yang bersifat artifisial saja, tetapi juga bersahabat dengan lingkungan.
Life style seperti ini juga mulai diterapkan dalam budidaya bawang merah, orang-orang menyebutnya dengan “ budidaya bawang merah organik” . dalam budidaya organik ini petani menghindari pemakaian produk kimia, baik itu digunakan untuk pupuk maupun sebagai pestisida pembunuh hama penyakit. Budidaya secara organik diyakini mampu menekan biaya pengadaan pupuk dan obat-obatan hingga 56%. Namun perlu di ingat ketelatenan menjadi kunci utama dalam budidaya bawang merah organik.
Sebagai langkah awal dalam budidaya organik, sebelum bibit bawang merah di tanam diperlukan pengolahan lahan yang diawali dengan penyangkulan dan pengambilan rumput  untuk menggemburkan tanah. Setelah tanah megering, selanjutnya dibuat bedengan selebar 80cm yang dikelilingi parit dengan lebar 40cm dengan kedalaman 30-40cm. Diatas bedengan bisa di taburi pupuk kandang sampai menutupi permukaan bedengan (estimasi 10-15 ton/ha), ditutup kembali dengan tanah  dan permukaan bedeng diratakan.
Jika bibit bawang merah di tanam pada musim hujan, guludan dapat dibuat lebih tinggi sekitar 40-50cm, kira-kira seminggu sebelum penanaman. Tanah bagian permukaan bedeng dihancurkan dan digemburkan kembali. Selanjutnya sehari sebelum penanaman bibit tanah diari secukupnya, tetapi jangan sampai terlalu basah dan tergenang. Kemudian lahan sudah siap untuk di tanami.
Bibit bawang merah yang sudah siap untuk dibudidayakan kemudian ditanam pada guludan dengan jarak tanam 20cm, kemudian bedeng di tutup daun pahit-pahitan atau sejenis daun yang rasanya pahit. Pemeliharaan dalam budidaya bawang merah organik dilakukan seperti biasanya, namun tidak menggunakan pupuk kimia maupun obat-obatan kimia. Untuk mengatasi hama dapat dibuatkan ramuan dari daun pahitan dan bawang putih.

Demikian sedikit ulasan mengenai budidaya bawang merah organik, semoga dapat menginspirasi pembaca yang ingin membudidayakan bawang merah. Kami menyediakan bibit bawang merah maupun bibit bawang putih tua dengan harga terjangkau, bagi anda yang berminat silahkan dapat menghubungi kami di : 087838393451 
Budidaya bawang merah organik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar