Minggu, 30 Oktober 2016

Teknis budidaya di luar musim untuk meningkatkan produksi bawang merah

Teknis budidaya di luar musim untuk  meningkatkan produksi bawang merah
Bawang merah termasuk dalam kategori tanaman berumbi atau spermathopyta.  Dengan ciri memiliki biji tunggal dan akar serabut. Budidaya bawang merah dapat dilakukan di daerah dataran rendah maupun daerah dataran tinggi. Bawang merah yang ditanam di dataran rendah, umumnya memiliki siklus panen lebih singkat dari pada di dataran tinggi. Bibit bawang merah yang di tanam di dataran rendah dapat di panen pada usia sekitar 60-80 hari setelah tanam. Sedangkan bibit bawang merah yang ada di dataran tinggi memiliki masa panen sekitar 90-110 hari setelah tanam.
Penyebaran budidaya bawang merah sudah hampir meluas, mulai dari pulau jawa, sebagian sumatra dan kalimantan. Akan tetapi penyebaran terbesar dengan jumlah produksi pasca panen terdapat di pulau jawa (jawa tengah, jawa timur, jawa barat). Akan tetapi hasil panen bawang merah ini bersifat fluktuatif. Sedangkan permintaan akan ketersediaan bawang merah cenderung meningkat. Meningkatnya permintaan pasar ini belum mampu diimbangi oleh petani bawang merah, dengan alasan keterbatasan bibit dan sarana penunjang lain.
Sebagian kecil kebutuhan bibit bawang merah dapat di upayakan petani, namun sisa nya dapat terpenuhi dengan cara impor. Tentu hal ini tidaklah di inginkan secara terus menerus dilakukan bukan? Seiring dengan permintaan ketersedian bawang merah yang terus meningkat maka harus di barengi pula dengan usaha peningkatan produksi bawang merah, dengan tujuan terpenuhinya kebutuhan pasar.lalu bagaimana cara nya?
Pada umumnya kegiatan budidaya bawang merah dilakukan secara tradisional maupun komersial. Di akui atau tidak, kegiatan ini mampu menggerakkan perekonomian di pedesaan. Budidaya bawang merah merupakan usaha padat karya yang dapat menciptakan lapangan kerja baru, mensejahterakan petani serta upaya pengentasan kemiskinan. Teknologi produksi sering kali belum dilakukan secara tepat, hal ini dapat dikarenakan kurangnya pengetahuan dari para petani bawang merah.
Budidaya bawang merah masih dilakukan secara musiman yaitu pada musim kemarau sekitar bulan april sampai oktober. Hal ini tentu akan membuat petani bergantung pada musim dengan hasil panen stagnan pada bulan-bulan panen seperti biasa yang mengakibatkan fluktuasi produksi dan harga sehingga berpotensi merugikan petani. Untuk itu perlu dilakukan langkah peningkatan produksi dengan melakukan budidaya bawang merah bukan hanya pada musim tanam saja, akan tetapi budidaya bawang merah yang juga dapat di tanam di luar musim.
Untuk itu ketersediaan bibit bawang merah memang harus selalu ada setiap waktu. Ketersediaan bibit bawang merah yang berkualitas menjadi penunjang utama dalam budidaya bawang merah. Adapun cara budidaya bawang merah di luar musim dapat dilakukan dengan memperhatikan aspek sebagai berikut :
1.      Aspek drainase : karena budidaya bawang merah ini dilakukan di luar musim (off season) maka drainase air pada lahan yang akan di gunakan untuk budidaya bawang merah harus di perhatikan. Pembuatan drainase air ini dapat dilakukan dengan cara membuat parit di sekeliling lahan yang dapat langsung menyambung pada kanal, sehingga tidak menggenangi tanah.
2.      Aspek aerasi : karena pada budidaya bawang merah tidak dianjurkan tergenang air secara berlebihan, maka peninggian tanah dengan tujuan menebalkan lapisan bebas genangan air adalah hal yang perlu dipertimbangkan dikarenakan manfaat nya.
3.      Pemasangan paranet dengan ketebalan yang rapat : paranet yang mempunyai ketebalan rapat akan memecah air hujan agar tidak menggenang dan melindungi tanaman bawang merah dari tetasan air hujan secara langsung, dengan tetap memperhatikan asupan sinar matahari yang akan diterima, walaupun intensitasnya tentu tidak akan sebanyak saat musim kemarau.
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang sedang ingin budidaya bawang merah , semoga anda selalu diberi kesuksesan dalam melakukan berbagai hal. Bagi anda yang sedang mencari bibit bawang merah, silahkan dapat menghubungi kami di : 087838393451


teknis budidaya di luar musim untuk meningkatkan produksi bawang merah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar