Senin, 31 Oktober 2016

Menghitung kebutuhan bibit dalam budidaya bawang merah

Menghitung  kebutuhan bibit dalam budidaya bawang merah
            Bawang merah merupakan salah satu komoditi pasar yang memiliki peminat cukup besar. Kebutuhan akan permintaan bawang merah sangat tinggi, namun produksi dari hasil budidaya bawang merah belum mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Perlu adanya upaya menggalakkan tanam bawang merah di lingkungan masyarakat dengan memanfaatkan lahan kosong maupun ditanam menggunakan polybag maupun pot. Dengan menggalakkan penanaman bawang merah, diharapkan setidaknya mampu memberikan kontribusi solusi untuk mengatasi kelangkaan ketersediaan bawang merah di pasaran.
            Sebelum memulai budidaya bawang merah, pengolahan tanah juga penentuan bibit bawang merah unggul harus dilakukan. Pengolahan tanah bertujuan untuk menciptakan lapisan tanah yang gembur , memperbaiki drainase dan aerasi tanah, meratakan permukaan tanah dan mengendalikan gulma.  Tanah di bajak atau di cangkul dengan kedalaman 20cm, kemudian di buat bedengan  selebar 120-175cm, dengan tinggi 25-30cm  dengan panjang yang disesuaikan dengan luas lahan.
            Pembuatan drainase untuk lahan yang digunakan menanam bibit bawang merah dapat di buat dengan estimasi lebar 40-50cm dengan kedalaman 50-60cm , sudah dapat mengatur akses air dengan baik. Sedangkan untuk tanah dengan PH kurang dari 5,6 dapat diberi dolomit dengan dosis 1,5ton/ha disebarkan diatas bedengan dan diaduk rata dengan tanah dan dibiarkan selama 2 minggu.  Untuk mencegah penyakit layu taburkan GLIO 100gr ( 1 bungkus dicampur dengan 25-50kg pupuk kandang matang , diamkan selama 1 minggu lalu taburkan merata di atas bedengan.
            Kebutuhan benih tiap hektar ditentukan oleh jarak tanam dan ukuran bibit bawang merah yang digunakan, jarak tanam untuk keperluan benih dan populasi tanaman dalam satu area pertanaman dapat dilihat melalui tabel berikut :
Jarak tanam
Kebutuhan benih /ha (ton)/ uk.umbi 5gr
Kebutuhan benih /ha (ton)/ uk.umbi 2,5gr
Populasi tanaman
20x20cm
1,4
0,7
250.000
20x15cm
1,8
0,9
333.000
15x15cm
2,4
1,2
644.000
15x10
3,6
1,8
666.000
            Setelah penentuan kebutuhan bibit bawang merah dilakukan, umbi dari bibit bawang merah yang sudah dipilih kemudian di rendam terlebih dahulu dengan larutan fipronil dan air (dosis 5ml/lt air) selama minimal 15 menit, kemudian tiriskan. Simpan selama 2 hari sebelum di tanam. Kemudian pada saat tanam seluruh bagian umbi bibit yang telah siap tanam dibenamkan kedalam permukaan tanah, untuk tiap lubang di tanam satu umbi bibit.

            Demikian sedikit penjelasan dari kami, semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Bagi anda yang ingin mencoba budidaya bawang merah dan membutuhkan bibit. Kami menyediakan bibit bawang merah dengan harga terjangkau, silahkan dapat menghubungi kami di : 087838393451
menghitung kebutuhan bibit dalam budidaya bawang merah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar